slogan

Technican Blog adalah blognya Orang orang tehnik..

Labels

Wednesday 28 January 2015

NDT (NON DESTRUCTIVE TESTING.

    NDT adalah suatu kegiatan pengetesan atau Inspecsi terhadap benda yg bertujuan untuk mengetahui apakah benda tersebut ada cacat,retak ,atau Discontinuity lain yg tidak merusak terhadap benda yg akan kita inspecsi atau kita test.

    Yang pada intinya dari di lakukan nya NDT adalah untuk  memastikan serta meyakinkan bahwa benda tersebut masih aman untuk di gunakan dan yg terpenting adalah di tinjau dari segi keselamatannya, serta belum melewati dari demage tolerance.
Ndt biasanya dilakukan di karenakan untuk proses pengendalian dari mutu suatu barang tsb.da dilakukan nya pada jangka jangka waktu tertentu.biasa kita lihat NDT di lakukan pada proses telah dilakukannya Fabrikasi untuk barang barang baru. atau sebelum dilakukan nya repaire maintenance pada barang barang yg lama.
Sebuah proses NDT biasa sering kita lihat pada perusahaan perusahaan yg bergerak di bidang Fabrikasi logam. proses Ndt ada beberapa macam,contoh di antaranya ,Liquid Penetran test ,Magnetic Particle Inspection , Eddy current Test , Ultrasonoc Inspection , Radiographic Inspection.

Namun yg akan kita Bahas kali ini adalah Proses NDT LIquid Penetrant Test dan Magnetic Particle Inspection.
semua Metode Ndt yg akan kita lakukan tidak lah terlepas dari suatu proses metode VISUALISASI atau (Visual Inspection ).
Karena metode ini bertujuan untuk melihat langsung atau menemukan secara kasat mata ataupun alat bantu untuk menemukan suatu cacat atau retak pada permukaan suatu benada yg akan di uji.biasanya kita jg menggunakan suatu alat bantu seperti Kaca pembesar ataupun borokop.
Mari kita bahas kedua proses NDT ini.

MAGNETIC PARTICLE INSPECTION.


     Sering kita melihat pada Sebuah perusahaan di bidang Fabrikasi yg melakukan Proses Inspecsi dengan mengunakan metode Magnetisasi yaitu dengan menggunakan sebuah Yoke.itulah di antara salah satu metode yg di lakukan dengan cara Particle Magnetisasi.
Dengan metode ini cacat di permukaan,( surface ) dan di bagian bawah perukaan ( sub surface ) dari suatu bahan yg bisa di magnetisasi dapat di ketahui. cacat tegak lurus arah medan magnet akan menyebab kan kebocoran paa medan magnet.dan cara yg di gunakan untuk mengrtahui kebocoran medan Magnet tsb dengan cara kita menaburkan partikel magnetik di permukaan benda tsbt.dan partikel pertikel tsbt akan berkumpul pada daerah kebocoran pada medan Magnet.


Kelemahan metode adalah hanya di pakai atau di terap kan untuk material material Ferromagnetik.juga medan magnet yg di gunakan adalah dalam posisi tegak lurus atau memotong daerah retak serta biasanya juga harus di lakukan sistem demagnetisasi di ahir inspecsi untuk membuang sisa magnet yg ada.

LIQUID PENETRANT TEST.


     Metode ini adalah metode yg gampang dan bisa dikatakan metode yg sangat sederhana.metode ini di gunakan untuk melihat sebuah cacat permukaan terbuka dari Komponen saloid.baik logam maupun non logam.contohnya plastik Fiber dan keramik.metode ialah suatu metode yang menggunakan suatu cairan yang berwarna terang pada suatu permukaan yang akan dinlakukan suatu inspecsi.

     Cairan ini haruslah memiliki suatu daya penetrasi yang sangat baik dan suatu viskousitas yg rendah supaya agar cairan dapat mudah masuk kedalam cacat di permukaan suatu material.kemudian penetran yg tersisa kita bersihkan yg tentu saja dengan cara berhati hati . cacat akan nampak lebih jelas jika perbedaan sebuah warna penetran dengan latar belakang yang cukup kontras. kemudian penetran di bersihkan dengan penerapan developer.



     Kelemahan metode ini adalah hanya bisa di terapkan pada suatu permukaan terbuka , serta media harus benar benar bersih dari segala macam kotoran.serta metode ini tidak bisa di terapkan padakomponen dengan permukaan berpori , berlapis dan pada suatu permukaan yang kasar.

No comments:

Post a Comment