slogan

Technican Blog adalah blognya Orang orang tehnik..

Labels

Thursday 8 January 2015

MEMAHAMI TENTANG RESIKO BILA BEKERJA DI DEKET AIR





   Banyak jenis pekerjaan yg biasa kita lakukan, namun hendaknya kita harus memahami berbagai kemungkinan yg terjadi yg bisa membahayakan diri kita,termasuk harus paham dan mengerti tentang resiko resiko yg akan timbul apabila kita tidak paham akan bahayanya suatu pekerjaan apa bila kita mengabaikan tentang syarat syarat agar dalam melakukan pekerjaan kita selamat.
     Yang akan kita sampaikan kali ini adalah tentang bahaya bahaya yg akan di timbulkan apabila kita bekerja di dekat air.entah itu di laut,kolam,sungai,danau dan dll.
Yang paling penting langkah pertama yg harus kita lakukan apa bila mau bekerja di deket air adalah"MELAKUKAN IDENTIFIKASI ATAU PENILAIAN RESIKO APABILA BEKERJA DI DEKET AIR" dan jangan lupa Pakailah jaket pelampung apa bila bekerja di deket air.





      Pekerjaan yang dilakukan di deket Air yg berpotensi tenggelam yg belum termuat dalam Prosedur Kerja Aman (SOP ) harus menjadi subyek bagi analisis keselamatan kerja (JSA ) untuk mengindentifikasi dan mengendalikan bahaya Sebelum suatu Kegiatan atau suatu pekerjaan di lakukan.

    S U R V E Y....

Ketika mengembangkan survey kegiatan yang berpotensi tenggelam kita harus ;

          - Menentukan dan Mencatat Siapa saja yg berwenang atau yg berkompeten untuk melakukan
             Kegiatan bekerja di dekat air tersebut.
          - Mengidentifikasi para pekerja yang melakukan pekerjaan di deket air.
          - Mengidentifikasi Lokasi dimana kegiatan tersebut dilakukan.
          - Memberikan perincian untuk menilai resiko yg berhubungan dengan pelasanaan kegiatan tersebut.
          - Memberikan perincian untuk pengidentifikasian tindakan pengendalian untuk setiap resiko yg di
             identifikasian.

  PENILAIAN RESIKO (RISK ASSESSMENT).

Survey tersebut harus mencatat penilaian resiko untuk setiap kegiatan yg dilakukan di dekat air. Semua kegiatan yg di nilai mengandung resiko yg tidak bisa di terima,harus di kendalikan untuk memastikan bahwa semua resiko yg ada telah di kurangi atau di hilangkan.


  TINDAKAN PENGENDALIAN....

- PENGHILANGAN;

  Keselamatan yg paling aman adalah menghindari bekerja di deket air.

- PENGGANTIAN;

Apabila penghapusan kebutuhan bekerja di deket air tidak bisa dilakukan pertimbangan , dapat dilakukan pada proses atau tindakan penggantian untuk mengurangi resiko tenggelam tersebut.

- TINDAKAN PENGENDALIAN TEHNIK;

Tindakan pengendalian tehnik terdiri dari tindakan perubahan pada desain atau konstruksi bagian instalasi atau alat , hal ini bisa mengakibatkan perubahan pada cara operasi instalasi tersebut. Jika desaign di ubah proses pengidentikasian bahayanya,penilaian resiko harus di ulangi (re-assessment).

- TINDAKAN PENGENDALIAN ADMINISTRATIF.

Tindakan pengendalian administratif melibatkan penggunaan sistem yg aman untuk mengendalikan resiko atau kegiatan tersebut.

- ALAT PELINDUNG DIRI;

Ketika perlengkapan pelindung diri di gunakan untuk mengendalikan resiko, perlengkapan tersebut harus di seleksi, di pelihara dan di gunakan secara tepat sesuai dengan fungsi masing masing.

CONTOH FOTO FOTO BEKERJA DI DEKET AIR



Dari foto foto di atas kita bisa menganalisa serta bisa mengamati resiko apa serta alat bantu apa yg bisa kita persiapkan agar diri kita selamat apa bila kita jg melakukan pekerjaan pekerjaan yg berada pada lokasi di dekat dengan air. pada gambar di atas kito contohkan pekerjaan yg berada di deket air laut.masih banyak lagi contoh contah yg lain yg bia kita ambil.
    Mudah mudahan berman faat untuk para pembaca sekalian.

1 comment:

  1. ada gak PLN nya yang bekerja di atas air atau di dekat air.... tolong dong di kasih atu bosku...

    ReplyDelete