slogan

Technican Blog adalah blognya Orang orang tehnik..

Labels

Thursday 22 January 2015

LAS TITIK (TACK WELD ).

        Las titik atau  yg sering kita denger sewaktu seorang Fitter atau pipe Fitter sedang melakukan proses Fit Up dlm bahasa asing nya adalah TACK WELD.
Hal ini biasanya sering di angggap sepele akan tetapi akan berakibat sangat fatal apa bila seorng pekerja dlm bidang ini mengabaikan nya.
tampak sepele memang, akan tetapi apa bila bener bener di abaikan dan di lupakan dalam pelaksanaannya ,maka akan berubah menjadi sebuah kerusakan yg kadang bersifat katasthropis dan menyebabkan korban baik materi,jiwa maupun lingkungan.

      Las titik sebuah las lasan yg kecil saja ukurannya , jg di lkukan dengan waktu yg singkat saja.panas yg di hasilkan nya pun jg relatif kecil saja.khususnya untuk bahan dasar yg tebal, panas yg kecil td akan di serab oleh bahan dasar yg tebal tadi , karena suhu bahan dasar rendah.
akibatnyaterjadilah suatu titik di permukaan bahan yg mengalami pemanasan dan pendinginan cepat ,maka terjadilah structure yg bersifat martensitik yakni keras dan getas atau gampang patah.

    Kondisi yg seperti ini akan rawan sekali dan bisa mengakibatkan retakan retakan akibat dari sebuah pengerrutan atau yg sering di sebut SHRINKAGE yg berasal dari tegangan internal sisa pekerjaan yg menggunakan panas,gerakan itu di sebabkan oleh gerakan termal yg ciclic dan gaya displacement.

   Akan tetapi jenis pengelasan ini sangat lah penting sekali untuk mengunci hasil dari sebuah penyetelan baik dari plate atau pun pipa agar tidak adanya sebuah pergerakan dari akibat dari sebuah proses pengelasan.oleh karena itu ada beberapa step untuk mencegah keretakan keretakan tsb antara lain;

       - Tack Weld hendaknya di lakukan oleh seorng tukang las yg berkualitas.
      - Tack Weld dilakukan hendaknya sesuai dengan WPS ( Welding Procedure Specification ) 
         dari las produksi di tempatyg sama dengan tack weld tersebut.
     -  Bekas tack Weld yg telah di ui dngn uji penetrasi / butir magnetik untk mendeteksi cacat 
        atau adanya keretakan.
 Apa bila adanya sebuah cacat di permukaan maka harus di lakukan las kembali dan di uji kembali.

No comments:

Post a Comment