slogan

Technican Blog adalah blognya Orang orang tehnik..

Labels

Tuesday 19 January 2016

KENALI SEMUA POTENSI BAHAYA SEBELUM BEKERJA.

KENALI POTENSI BAHAYA YANG BERSUMBER DARI PERALATAN KERJA.

          Peralatan Kerja bagi kita sebagai seorang Pekerja adalah hal yg sangat penting da menunjang kegiatan di tempat kerja demi tercapainya suatu hasil yang memuaskan.dapat di bayang kan apa bila di tempat kerja terdapat peralatan kerja yang tidak layak di gunakan pekerjaan tersebut tidak akan aman dan tidak nyaman untuk di gunakan yang tentunya hasil pekerjaan jauh dari standar mutu yang di harap kan.

Bebetapa contoh peralatan kerja yang harus selalu di inspeksi dan di rawat sebelum dan sesudah penggunaan;

- Alat Bantu Angkat.




- Peralatan Yang Berhubungan Dengan Listrik





- Peralatan Yang Bersifat Pribadi Atau Perkakas Tangan

 


-Peralatan Lain Yang Berhubungan Dengan Pekerjaan.




              Selain perawatan peralatan yang dilakukan oleh Maintenance secara berkala,kita juga di harapkan turut serta dalam pemakaian alat alat kerja yang benar, gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya.Misalnya pengguna,an Over Head Crean, alat ini Khusus di gunakan untuk mengankat beban secara vertikal dan memindahkan secara horisontal bukan untuk menarik atau menyeret beban, dengan kita mengikuti petunjuk petunjuk cara penggunaan peralatan kerja yang benar dan aman maka kita sudah ikut serta dalam masalah perawatan perawatan kerja.

             Merawat alat kerja yang baik secara terus menerus akan menambah umur peralatan kita. dan kita tidakmlagi di repot kan dengan masalah Over Head crean yang macet, Tali sling Putus , Hook Patah, dan kegagalan yang lain yang berhubungan dengan alat bantu tersebut.

Begitu juga dengan peralatan kerja yang lain yang biasa kita gunakan dalam bekerja,sudah seharusnya kita periksa sebelum dan setelah di gunakan serta segera laporkan padfa bagian perbaikan bila di temukan peralatan rusak atau tidak berfungsi dengan baik dan perlu di ganti dengan yang baru.
                
               Untuk di harapkan kepada semua pekerja agar masalah perawatan alat bantu kerja kita benear benar harus di jaduikan suatu budaya keselamatan dalam diri kita sehari hari dalam bekerja. 


Sumber; X.sprech
               HH SHE. 

No comments:

Post a Comment